PANDUAN BELAJAR CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN BLOGSPOT


modal duit kecil penghasilan 1 s/d 2 jt/hari

Namanya juga masih belajar membuat blog dan website, jadi tema yang paling tepat adalah “Panduan Belajar Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot.com”.  Dari  semua penyedia blog gratisan -  blogspot.com atau blogger.com  sangat terkenal di dalam dunia persilatan website. Walaupun hanya gratisan namun kekuatan blogspot.com dapat menghasilkan “Dollar” dari Program Google Adsense. Semua ini karena blogspot.com adalah milik dari Mr Google, Perusahaan internet nomor satu di dunia.
BLOGGER-BLOGSPOT
Dengan memiliki akun di Google Mail atau GMAIL (http://www.gmail.com), anda dengan mudah membuat blog dari blogspot.com karena syarat utama harus memiliki Akun Google. Memiliki akun Google Mail tersebut bisa dimanfaat untuk berbagai aplikasi seperti YOUTUBE, ANDROID, GOOGLE PLUS (layanan social networking hampir mirip dengan Facebook dan Twitter) dan layanan yang lain.
Jika sudah memiliki akun Google ini silahkan aplikasikan panduan cara membuat blog gratis di blogspot dengan masuk pada http://www.blogger.com atau http://www.blogspot.com dan masukan email serta password tersebut.
blogger-password
Setelah masuk akan muncul hamalan pertama blogger , mau cepat pilih saja “Buat Profil Blogger Terbatas” tapi bila ingin buat lagi Profil di Google Plus pilih “Buat Profil Google+”.
blogger
Ucapan “Selamat Datang di Blogger” menyambut kehadiran Anda di Blogspot.com.
blogger1
Masukan Profil Blogger atau Nama Tampilan, bisa menggunakan nama Anda atau Tema Blog yang akan dibuat. Kemudian lanjut ke Blogger.
blogger2
Setelah Nama Blog siap, silahkan klik “Blog Baru”,  Segera masuk tahap yang menarik dari membuat blog dengan blogspot.com atau blogger.com.
blogger4
Pilih Judul dan alamat atau url blog anda.  Misalnya “hutan-alam-indonesia.blogspot.com”. Jika alamat yang ada sudah dipakai orang lain maka cari terus hingga mendapat  alamat yang bisa dipergunakan. Judul Blog bisa saja sama dengan orang lain tetapi alamat atau url ini tidak bisa sama atau harus unik karena dengan alamat ini akan mengakses blog yang dibuat.
Langkah selanjutnya adalah memilih template atau tampilan blog yang diinginkan, setelah memilih template silahkan maju ke tahapan “Buat Blog”.
blogger3
Sekarang blog Anda di blogspot.com atau blogger.com sudah jadi, langkah selanjutnya memulai menulis artikel atau postingan.  Caranya Klik “Mulai mengeposkan
blogger5
Buat judul di bagian atas kemudian mulai menulis isinya, jangan lupa buat “Label” atau kata kunci dari tulisan anda agar lebih mudah dikenal oleh Search Engine – klik selesai pada label.
blogger6
Bila ingin memasukan gambar caranya pilih ikon atau link dan sebagainya.
Tahap terakhir adalah “Publikasi” klik tombol sebelah kanan atas, dan coba lihat  “Lihat Blog”.
Selamat Anda !!! Sudah Memiliki blog di Blogspot.com. Jangan lupa selanjutnya blog tersebut dapat menghasilkan uang dengan mengikuti program afiliasi Google Adsense.

MEMBUAT BLOG DAN WEBSITE TERINDEKS NOMOR SATU DI GOOGLE SEARCH ENGINE

Siapa yang tidak senang ketika melihat hasil pencarian google search engine pada halaman pertama terpampang website yang dibuat. Untuk menduduki peringkat ini perlu banyak belajar agar bisa menempati posisi teratas dari ribuan judul blog dan website dengan thema yang sama.
SEARCH ENGINE
Sebagus apapun blog dan website bila tidak terindeks di search engine maka percuma saja. Karena hampir 85% pencari informasi di internet menggunakan search engine dan sebagian besar menggunakan search engine google. Walaupun masih ada lagi search engine lain yang biasa dipakai orang seperti yahoo, BING, AOL, MSN, dll.
Untuk mengoptimalkan blog dan website pada search engine dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO). Sedangkan posisi hasil pencarian di search engine dikenal dengan nama “SERP” atau Search Engine Result Position.
Cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjadi nomor satu di search engine google adalah sebagai berikut :
  1. Judul atau title berisi kata kunci target yang diinginkan
  2. Isi dari artikel harus sesuai dengan judul atau title yang dibuat
  3. Kata kunci harus terdapat pada awal, pertengahan dan akhir artikel.
  4. Kata-kata kunci di dalam artikel berikan huruf tebal, huruf miring atau garis bawah.
  5. Gunakan gambar dalam artikel yang diberi tag yang berisi kata kunci
  6. Lihat kata kunci yang banyak dicari orang pada Google Adwords
  7. Masukan kata kunci yang tepat pada meta tag keyword dan deskripsi dari artikel yang dibuat pada meta tag description
  8. Dalam artikel buat link ke artikel lain dalam website yang sama, agar pengunjung tidak langsung meninggalkan website.
  9. Bila blog pada blogspot.com harus rajin posting agar blog ter”update” setiap saat.
  10. Daftarkan blog atau website pada google search , juga search engine yang lain. Google Search , Yahoo Search dan Bing Search.
  11. Dapatkan link eksternal ke artikel yang dibuat dari blog dan website lain.
  12. Gunakan social media untuk mendapat link eksternal seperti facebook dan twitter. Caranya update status dengan url atau website yang dibuat.
Ini merupakan sedikit pengetahuan dibanding dengan banyak cara untuk meningkatkan peringkat website di search engine google dan juga sulit memahami Algoritma Google. Memang posisi hasil pencarian google bila dipantau setiap hari, selalu saja ada perubahan sehingga tidak stabil.
Sebagai seorang “forester” yang selalu ada dibenak adalah bagaimana cara menjaga hutan tetap lestari. Namun kerusakan hutan selalu saja menjadi problema utama yang memberikan banyak kerugian. Sehingga kata kunci yang dipilih adalah “Kerusakan Hutan” dan dari hasil penelusuran pada Google Adwords, kata “Kerusakan Hutan” yang paling banyak dicari.
top_serp_kerusakan_hutan_1
Sebagai orang yang masih belajar membuat blog dan website, merasa senang karena website http://www.irwantoshut.net menempati urutan nomor 1 pada google search engine dalam waktu beberapa bulan untuk pencarian kata “KERUSAKAN HUTAN“.
Demikian sedikit penjelasan mengenai cara terindeks dan menjadi nomor 1 pada search engine google, yang penting harus belajar dan belajar terus bagaimana cara membuat blog dan website.

BELAJAR DAN BEKERJA UNTUK MENDAPAT PENGHASILAN GOOGLE ADSENSE

Kemarin dapat US$ 21 (dua puluh satu dollar US)  dari Mr.google,  kalau dikalikan currency atau nilai tukar mata uang rupiah terhadap dollar – satu dollar sama dengan Rp 9500 berarti sudah dapat 200 ribu  rupiah.  Sepertinya  Mr.google lagi berbaik hati, memberikan bonus lebih…Yah… lumayan lah untuk beli pulsa satu bulan.
Penghasilan-google-adsense
Bila dibandingkan dengan para pakar internet marketing  penghasilannya mencapai ribuan dollar per bulan,  memang masih berbeda sangat jauh. Tapi tidak apalah namanya juga “ masih belajar membuat blog dan website”. Masih ada kekurangan disana-sini, perlu banyak belajar lagi.
Pertama kali memasang script google adsense di blog, wah… susahnya… sampai berhari-hari baru bisa dapat US$ 1 (satu dollar US). Perjuangan yang melelahkan untuk mendapatkan dollar dari Mr.google.  Benar … Kata Orang bijak : “Untuk menjadi sukses dibutuhkan pengorbanan“..
dollar-dari-google-Adsense
Berbekal buku-buku internet marketing, yang dijual di toko buku dan pencarian artikel-artikel di internet, ternyata belajar internet  marketing  suatu hal yang menarik dan menantang. Mendapat penghasilan dari  Mr.google memang perlu banyak belajar dan bekerja… Ada yang mengatakan  selain “kerja keras” diutamakan  “kerja cerdas” sehingga tenaga dan waktu tidak terbuang percuma.
Jangan buang waktu secara percuma, hanya chatting melulu dan melihat gambar-gamber  sexy di internet. Tetapi marilah belajar membuat blog dan website untuk menghasilkan uang dari internet,  supaya uang saku tetap tersedia. Dengan demikian bisa traktir pacar nonton di bioskop dan makan di restaurant.
Artikel dibawah ini bisa menjadi menjadi bahan referensi, walaupun ilmunya masih sangat terbatas tapi sekedar membagi pengalaman :
Selamat belajar dan bekerja …

PERBANDINGAN CARA MEMBUAT BLOG GRATIS WORDPRESS.COM DAN BLOGSPOT.COM

Membuat blog  saat ini merupakan hal sangat mudah karena berbagai fasilitas dan template telah disediakan oleh banyak penyedia saja. Dan semua cara dan fasilitas yang disediakan untuk pembuatan blog itu “gratis”. Tinggal memilih yang mana yang dirasakan gampang untuk  diaplikasikan.
Masing-masing mempunyai pilihan berbeda untuk membuat blog tergantung kemudahan yang dirasakan. Paling terkenal untuk membuat blog gratisan saat ini adalah “blogspot.com” dan “wordpress.com” contohnya irwantoforester.wordpress.com dan irwantoshut.blogspot.com.
Bila dicermati dan dibandingkan pembuatan blog gratis dengan wordpress.com dan blogspot.com sebenarnya hampir sama saja, tetapi masing-masing mempunyai keuntungan dan kelebihan sendiri-sendiri.
Persyaratan umum untuk membuat sebuah blog adalah mempunyai akun email dan akses internet yang baik.
Langkah-langkah Membuat Blog dengan wordpress.com dan blogspot.com dapat dilihat dibawah ini :
a. membuat blog dengan wordpress.com
irwantoforester.wordpress.com
irwantoforester.wordpress.com
1. Membuka WordPress
  • Jalankan browser Anda kemudian buka http://www.wordpress.com.
  • Tunggu hingga muncul tampilan awal WordPress.com.
2. Mulai membuat
  • Pada tampilan awal WordPress.com, klik tombol Sign Up Now! Untuk melakukan registrasi.
3. Mengisi form
  • Isilah form di bawah ini dengan benar.
  • Username : diisi username Anda, misalnya edipswtest
  • Password : diisi password Anda
  • Confirm : diisi password sekali lagi
  • Email Address : diisi alamat E-mail Anda
  • LegalFlotsam : diberi cek pada kotak
  • Setelah semua data diisi, klik tombol Next untuk menuju ke bagian
  • berikutnya.
4. Mengisi konfigurasi blog
  • Blog Domain : diisi nama domain blog
  • Blog Title : diisi judul blog yang akan tampil di header
  • Language : diisi bahasa yang digunakan dalam blog
  • Privacy : diberi cek pada kotak
  • Setelah semua konfigurasi blog diisi, klik tombol Signup untuk melakukan
  • registrasi.
5. Selesai.
  • Proses membuat blog telah selesai.
  • Klik pada link homepage untuk melihat tampilan blog.
blogger.com atau blogspot.com
blogger.com atau blogspot.com
b. membuat blog dengan blogspot.com atau blogger.com
  1. Daftar ke www.blogger.com
  2. Klik = “Create your blog now”
  3. Isikan = “Username, Password”
  4. Centang tulisan “Acceptance of Terms” lalu klik Continue
  5. Isikan Judul Blog = “Blog Title”
  6. Isikan Alamat Blog yang anda inginkan Jika Alamat Blog yang anda inginkan Sudah ada, ganti dengan nama alamat Blog yang lain.
  7. Isikan kota verifikasi lalu klik Continue
  8. Pilih Template yang anda inginkan
  9. Kemudian klik = “Start Posting”
  10. Sekarang anda sudah bisa memulai membuat blog dengan mengisikan content

Dari cara pembuatan kedua blog gratisan ini ada perbedaan-perbedaan yang ditemukan.  Selain itu ada juga perbedaan pada pengelolaan blog di wordpress.com dan blogspot.com yang dapat dijelaskan sebagai berikut:
  1. Pada wordpress.com banyak script tidak bisa berjalan dengan baik, seperti script google adsense tidak bisa di pasang pada pada blog tersebut, tetapi di blogspot.com dapat dipasang dengan mudah, malah disarankan oleh google untuk menghasilkan uang dari blogspot.con tersebut.
  2. Untuk posting di blogspot.com lebih cepat aksesnya dibandingkan dengan wordpress.com. kadang-kadang harus menunggu lama untuk membuka dashboard pada wordpress.com.
  3. Satu akun pada blogspot.com dapat membuat beberapa blog sekaligus.
  4. Bila rajin setiap hari posting di blogspot.com akan cepat terindeks google search engine. Namun tidak dapat bertahan lama pada halaman awal bila tidak ada postingan baru.
  5. Posting pada wordpress.com bila sudah terindeks pada halaman awal search engine google maka akan bertahan lama. Google melihat postingan pada wordpress.com sebagai suatu posting pada sebuah website.
Itu hanya beberapa perbandingan perbedaan blogging pada wordpress.com dan blogspot.com, masih banyak  perbedaan-perbedaan pada kedua blog gratisan ini.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

1 comments:

  1. Artikel nya bagus min

    kalau artikel saya gmn min?
    Agen Judi
    Bandar Judi
    Agen Bola Bonus
    Bandar Asia77
    Agen Poker
    Agen Asia8
    Agen 1sCasino
    Agen Casino
    Agen Bola IBCBET
    Agen Bola Sbobet
    Prediksi Bola
    http://988bet.com/prediksi-kaiserslautern-vs-union-berlin-06-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-excelsior-vs-willem-ii-tanggal-06-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-pertandingan-evian-tg-vs-paris-06-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-pertandingan-clermont-vs-auxerre-06-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-brighton-hove-albion-vs-brentford-06-februari-2016/
    http://988bet.com/prediksi-skor-brest-vs-bourg-en-bresse-06-februari-2016/

    ReplyDelete