CARA MENGELUARKAN GETAH JELI BLACK OPAL PORSELEN



CARA MENGELUARKAN GETAH JELI BLACK OPAL PORSELEN 

"Porselen" Sesuai namanya black opal sempur tahap ini mempunyai berat yang lebih ketimbang tahap bahan BO sempur lainnya, karena pada proses ini batuan sudah mendekati fase kristal dimana BO sempur porselen ini sudah keras dan membatu, biasanya bahan BO porselen berasal dari bagian batang pohon sempur, sehingga serat dan pori porinya sangat kecil dan halus ketimbang BO sempur bagian ranting, oleh karenanya bahan BO yang berasal dari batang pohon tahap porselen ini lebih membutuhkan perlakuan extra dalam proses mengeluarkan warnanya. apakah sobat sudah mengetahui perbedaan BO sempur kayu/arang, BO solid, BO porselen? 
Langsung saja menuju pokok bahasan cara mengeluarkan jeli pada bahan black opal porselen, harus kita ketahui bahwa jeli/getah pada black opal sempur sangatlah penting, karena cikal bakal keluarnya warna pada BO sempur ditandai dengan keluarnya jeli, silika sebagai layer BO, sedangkan jeli sebagai getah yang membawa mineral yang nantinya akan memberi warna BO yang keluar dari dalam badan BO.

Cara mengeluarkan jeli pada bahan black opal porselen 

1. Kupas bahan sampe bagian dasar kalou berlumpur/sepa yg ada pada bahan (buang semua lumpur dan kulit BO yang akan kita proses mengeluarkan jeli) 

2. Sediakan kaleng bekas larutan penyegar (bahan yg mengandung aluminium foil), Oven bahan BO yang telah dikupas tadi dengan cara di bungkus menggunakan kaleng tersebut, kemudian lakukan pengopenan diatas arang yang sudah menjadi bara api selama 15 menit, perlu di perhatikan usahakan api jangan sampe menyala, setelah 15 menit kemudian diamkan kaleng pembungkus BO sampai benar-benar dingin.. fungsi pengovenan ini membebaskan bahan dari kandungan air.




PROSES MENGELUARKAN JELI PADA BAHAN BLACK OPAL PORSELEN

3.Kemudian rendam BO kedalam cuka alami. Cuka alami ialah cuka yang terbuat dari air kelapa dicampur dengan tape dan cabe. berikut saya jelaskan cara pembuantannya, yg pertama siapkan toples kaca/wadah yg tertutup rapat. Usahakan jangan sampe ada lubang angin sekecil apapun. Lalu masukan tape, air kelapa tua, cabe merah yg sudah di potongkan, kemudian diaduk hingga semua bahan tercampur, kemudian diamkan hingga 1-2 minggu sampai campuran dari 3 bahan tersebut menjadi cuka (biasanya tercium bau asam dari dalam wadah.

4. Selanjutnya setelah cuka yang kita buat tadi telah siap masukkan bahan BO yang telah dioven tadi kedalam wadah/toples yang berisi cuka. Lalu tutup rapat wadah tanpa ada udara keluar dan masuk (kedap) kalau perlu tutup wadah toples tersebut di lem/rekatkan menggunakan lakban/isolasi. kemudian diamkan dan letakkan wadah toples selama 2 minggu- 1 bulan supaya jeli muncul dan melebar ke permukaan badan BO. Jangan sekali-sekali membuka rendaman BO pada wadah toples yang telah ditutup rapat, karena proses ini mengutamakan tekanan yang dihasilkan oleh campuran cuka tadi. semakin lama umur rendaman cuka, maka semakin besar tekanan pada batu BO yang dihasilkan.   SELAMAT MENCOBA.

Kali ini penulis akan memberikan tips cara memperbaiki silika Black Opal yang mati atau rusak secara alami. Biasanya silika yang rusak itu diakibatkan oleh pemanasan pada bahan BO yang berlebihan biasa disebut overheat. Pembakaran, penjemuran yang terlalu lama menjadi penyebab pecahnya badan Black Opal atau retaknya silika yang menyelimuti badan BO sehingga berwarna putih susu karena dehidrasi, beda dengan silika yang masih bagus berwarna putih bening atau putih kebiruan.
sebenarnya cara sederhana saja yaitu dengan mengembalikan kelembapan Bahan Black opal ke proses alami, dengan megisi kembali atau mengganti cairan jeli atau silika dalam badan Black Opal Sempur dengan cara merendam bahan BO ke dalam toples/kaleng yang berisi cairan/lumpur yang mengandung silika yang dibutuhkan oleh Black Opal sempur tersebut. kemudian tutup rapat kaleng tersebut dan letakkan ditempat yang teduh.. semakin lama semakin bagus, karena proses pengisian kembali cairan jeli/silika membutuhkan waktu yang relatif lama.

contoh silika yang rusak


silika rusak/uban






Berikut bahan-bahan Alami yang dapat kita gunakan untuk memperbaiki silika Black Opal Sempur:
1. Lumpur Sawah
2. Abu Sekam Padi
3. Batang pohon Pisang
4. Air Kelapa Muda
5. Jus Belimbing wuluh
6. Jus Pepaya
7. Jus Buah Mengkudu (Pace)
8. Pasir silika dan air hujan

Dapat pula dengan merendam bahan BO Sempur ke dalam Kolam ikan/aquarium

           Ingat sobat, Black Opal itu merupakan batu permata yang memiliki kandungan air cukup banyak, jadi hindari penggunaan panas yang berlebih karena dapat membuat Black Opal kita Dehidrasi. Sekian Informasi yang dapat saya berikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Selamat Berkarya

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment